13 Juni 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Inspektorat Banyuasin Laksanakan Pembinaan SPJ Pemdes Pelajau Ilir

BANYUASIN, Beritakitanews.com – Dalam rangka meningkatkan standar akuntansi pemerintah desa, Inspektorat Banyuasin Melaksanakan Pembinaan Perangkat Desa Pelajau Ilir Kecamatan Banyuasin III Kegiatan ini merupakan kali pertama yang dilaksanakan oleh inspektorat untuk memastikan pengelolaan SPJ Desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Acara yang berlangsung pada hari Jumat, 7 Juni 2024, ini dihadiri oleh para perangkat Desa, Ketua BPD, serta Sekcam Kecamatan Banyuasin III, Inspektorat Kabupaten Banyuasin dipimpin oleh Irban I Bapak Syafril, yang memberikan arahan dan bimbingan terkait pengelolaan SPJ Desa yang baik dan benar.

Dalam sambutannya, Bapak Syafril SPJ adalah singkatan dari Surat Pertanggungjawaban, merupakan sebuah laporan dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan. Pada kegiatan ini Tim Inspektorat juga memberikan arahan singkat tentang pembuatan laporan keuangan/Surat Pertanggungjawaban yang sesuai dengan standar akuntansi pemerintah desa.,” ujarnya.

Dalam sambutannya juga Sekcam Warda Laila Agustina menyambut baik kegiatan ini dan mengingatkan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan di desa. “Masyarakat harus turut serta mengawasi dan memberikan masukan terkait penggunaan anggaran desa. Ini penting agar pengelolaan Dana desa benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pelajau Ilir mengatakan kami berterima kasih atas bimbingan yang diberikan oleh Inspektorat Kabupaten Banyuasin dan Pihak Kecamatan Dengan adanya pembinaan ini, kami merasa lebih percaya diri dalam mengelola anggaran Dana Desa dan berharap bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” Kepala Desa Pelajau Ilir, Bapak Nur Muhammad. (Rizki)