14 Juli 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Bupati Askolani Bangga Program Dokter Masuk Desa Banyak Membantu Kesehatan Bagi Masyarakat Banyuasin

Banyuasin, beritakitanews.com – Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan Dinas Kesehatan terus berupaya dalam menjangkau daerah-daerah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Pelayanan kesehatan Dokter Masuk Desa (DMD) tersebut ditinjau langsung oleh Bupati dan Wabup Banyuasin bertempat di Desa Santan Sari, Kecamatan Sembawa, Kamis (22/6).

Berkat program dokter masuk desa Pemkab Banyuasin melalui Dinas Kesehatan pernah mendapatkan penghargaan Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes), inovasi dokter masuk desa merupakan sebuah pelayanan kesehatan dari desa ke desa bahkan rumah ke rumah masyarakat yang telah dilaksanakan 4 tahun terakhir. Setiap puskesmas bertanggung jawab terhadap desa-desa yang ada di sekitarnya sehingga manfaatnya sangat dirasakan masyarakat.

Banyuasin, beritakitanews.com – Bupati Banyuasin H. Askolani dalam sambutannya menyampaikan, adanya program dokter masuk desa ditengah-tengah masyarakat yang belum tersentuh pelayanan kesehatan menjadi terlayani dengan baik dengan hadirnya tenaga kesehatan. Dokter masuk desa banyak sekali manfaatnya yaitu untuk memeriksa ibu hamil, memeriksa yang sakit, dan memberikan bantuan untuk anak balita agar pencegahan stunting dimana pertumbuhannya tidak stabil atau gagal tumbuh.

“Adanya dokter masuk desa selain memberikan bantuan secara langsung juga mendekatkan diri kepada masyarakat dan melihat secara dekat mengenai kesehatan, sehingga dari mulai ibu hamil bisa dicek kondisi nya agar terhindar dari stunting dan juga berdampak besar terhadap turunnya angka stunting di Kabupaten Banyuasin,” jelasnya.

Ditambahkan H. Askolani, Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin akan selalu memberikan pelayanan prima untuk masyarakat, perlunya upaya inovasi dibidang layanan kesehatan untuk mempermudah masyarakat Banyuasin.

“Pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri serta keluarga untuk hidup sehat. Dijadikan spirit bagi Pemkab Banyuasin untuk membangun kesehatan yang kini sudah ada manfaatnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Bupati dan Wakil Bupati menyerahkan bantuan biskuit ibu hamil, susu ibu hamil, dan juga pemeriksaan kesehatan gratis dari awal kehamilan hingga kelahiran. Selain itu juga pemeriksaan untuk lansia dan pemberian obat sesuai dengan keluhan dan penyakit. (evi)