14 Juli 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Tahun 2030, SKK Migas Target 1 Juta Barel Perhari

Palembang, beritakitanews.com – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus melakukan berbagai upaya dalam mengejar target 1 juta barel perhari pada 2030 memdatang.

Melalui target tersebut, Institusi yang dibentuk Pemerintah melalui Perpres No.9 tahun 2013 ini terus melakukan penguatan kerjasama diberbagai stakeholder, salah satunya adalah Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumsel dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel.

“Melalui targat 1 juta barel perhari ini, kenapa harus disampaikan? Karena dengan silaturahim ini dapat tersampaikan kepada masyarakat bahwa kota terus melakukan kegiatan eksplorasi untuk mendapatkan sumur-sumur baru, baik produksi minyak maupun gas,” ujar Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Syafei Sapri pada acara Media Field Trip FJM Sumsel, PWI Sumsel bersama SKK Migas Sumbagsel di Danau Shuji, Lembak, Rabu (7/6/2023).

Turut hadir Ketua PWI Sumsel Dr. H. Firdaus Komar, CDO Pertamina Prabumulih Field Sadam, Tim Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel serta jurnalis dari berbagai media di Sumatera Selatan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Syafei Sapri menambahkan bahwa saat ini kegiatan eksplorasi sedang gencar dilakukan di wilayah Timur. Pasalnya di wilayah tersebut banyak ditemukan titik sumur yang bsia dilakukan proses produksi.

Namun, tentu banyak juga kendala yang dilakukan. Baik itu lokasi yang jauh, proses penyelesaian dokumen kepemilikan dan lain-lain. Bahkan terkadang Plan Of Development (POD) telah disepakati, namun perusahaan tiba-tiba mundur.

Belum permasalahan lain yang ada. Misalnya ada suatu kegiatan di daerah, yang melalukan masyarakat setempat tapi kepemilikan orang Jakarta.

“Nah ini lah kemudian perlu kordinasi. Sehingga melalui kerjasama dengan FJM Sumsel, PWI Sumsel dan rekan-rekan media, informasi ini dapat tersampaikan,” jelasnya.

Pihaknya juga berkomitmen sinergi ini terus dilakukan, termasuk pada September 2023 nanti akan digelar Media Gathering sebagaimana ini menjadi agenda tahunan.

Ketua PWI Sumsel Dr. H. Firdaus Komar mengapresiasi langkah SKK Migas yang telah berupaya memaksimalkan kinerja dengan mengejar target 1 juta barel per hari pada 2030 yang akan datang. Termasuk SKK Migas Sumbagsel yang terus berkontribusi melakukan berbagai upaya eksplorasi, melakukan kerjasama dan sinergi kepada para stakeholder.

“Kami juga ucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini. Semoga sinergi ini akan terus dilakukan,” harapnya.

Seperti halnya kerjasama yang selama ini telah terbangun dengan SKK Migas Sumbagsel berupa peningkatan kualitas wartawan melalui program UKW, gathering, dan berbagai dukungan lainnya.

Sementara itu, Community Development Officer (CDO) Pertamina Prabumulih Field Sadam menjelaskan bahwa Danau Shuji ini merupakan salah satu mitra binaan binaan Pertamina Prabumulih Field.

“Lembak merupakan wilayah Ring 1 Pertamina Prabumulih. Oleh karena itu, kita kembangkan destinasi ini, yang kota berinama Mbak Dewi Shuji atau Lembak Desa Wisata Danau Shuji,” pungkasnya.