14 Juli 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Bupati Askolani Lepas 52 PEDA Kontigen XV Kabupaten Banyuasin

Banyuasin, beritakitanewsmcom – Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH.,MH secara resmi mengirim peserta untuk mengikuti Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XV yang akan dilaksanakan di Kabupaten OKU Timur. Kontigen sudah dilepas secara langsung oleh Bupati Askolani di Aula SMK PP Negeri Sembawa, Selasa (9/5).

Dalam kegiatan PEDA KTNA XV tersebut diikuti kontigen dari Kabupaten Banyuasin sebanyak 52 peserta yang terdiri dari peserta utama dari kelompok tani nelayan andalan terdiri dari laki-laki 39 orang, perempuan 13 orang, dan 21 orang koordinator penyuluhan (Korlap).

Bupati Banyuasin H. Askolani dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan PEDA KTNA bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani nelayan serta masyarakat pelaku agribisnis bertujuan meningkatkan kepimpinan dan kemandirian KTNA, menguatkan kelembagaan KTNA serta meningkatkan jiwa wirausaha dan kesadaran terhadap lingkungan. PEDA tahun ini hendaknya sebagai persiapan untuk mengikuti PENAS KTNA di Provinsi Sumatera Barat pada bulan Juni Tahun 2023 mendatang.

“Melalui kegiatan ini dapat menggali potensi yang seluas-luasnya, menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan para kontak tani nelayan andalan. Kegiatan ini menjadi motivasi dan pendorong bagi kemajuan serta kesejahteraan masyarakat petani nelayan dalam upaya meningkatkan kemandirian wirausaha tani dan nelayan di Kabupaten Banyuasin,” jelasnya.

Ditambahkan Bupati, agar kiranya seluruh peserta untuk menjaga nama baik daerah Kabupaten Banyuasin dan jadikan ajang ini untuk perbaikan serta peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Banyuasin kedepan. Diharapkan para peserta yang diutus untuk aktif dalam acara dan memberikan solusi yang membangun bagi seluruh peserta agar dapat mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir.

“Tentunya diharapkan agar para peserta yang ikut PEDA KTNA dapat membagikan ilmu yang didapatkan kepada para petani dan nelayan, dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Pertanian disamping itu juga mengajak dan mendorong agar bisa menjadikan petani dan nelayan mandiri, modern terutama untuk kaum milenial dibidang pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Banyuasin Sukardi, SP mengatakan atas nama keluarga besar KTNA mengucapkan terima kasih melalui Dinas Pertanian kepada Bupati Banyuasin yang telah memberikan bantuan semaksimal mungkin, dimana sebanyak 52 orang bisa mengikuti pekan daerah ke XV dimulai pada 10-15 Mei 2023 nantinya.

“Saya selaku Ketua sangat berharap untuk seluruh peserta mengikuti, bukan hanya agenda petani dan nelayan tapi ini ada satu visi misi membawa nama baik Kabupaten Banyuasin tentunya, tetap jaga kekompakan dan kesehatan,” ujarnya.

“Pada KTNA Xlll Kabupaten Banyuasin meraih Juara 3 Umum dan XlV KTNA Juara 4, saya berharap KTNA XV di OKU Timur bisa mencapai posisi 3 bahkan bisa 2 atau 1. Semoga bisa mengharumkan nama baik Kabupaten Banyuasin agar bisa mengikuti PENAS KTNA di Provinsi Sumatera Barat bulan Juni mendatang,” harapnya.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu perhelatan penting dan merupakan pestanya para petani nelayan andalan yang diikuti para petani dan nelayan dari berbagai wilayah Kabupaten yang terpilih. PEDA KTNA ini juga sebagai media konsolidasi, komunikasi, dan informasi kontak tani dengan pemerintah daerah sekaligus ajang pengukuran prestasi petani nelayan dalam meningkatkan pembangunan,” katanya.

Turut hadir Anggota DPRD Sriyatun, SP, Asisten ll Setda Kabupaten Banyuasin Drs. H. M. Yusuf, M.SI, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikura Sarip SP.,MM, Direktur SMK Negeri SPP Sembawa Yudi Astoni, S.STP.,M.SI, Kasat Pol PP Drs. H. Indra Hadi, M.SI, Para Kepala OPD Kabupaten Banyuasin, Dirpolairud Polda Sumsel diwakili IPDA Rasidin, Camat Sembawa Erman Taufik, MM, Kepala Puskesmas Sembawa drg. Laila Azha, Peserta Kontigen XV, Para Korlap dari BPT Kabupaten Banyuasin, Peserta Pekan Daerah KTNA XV. (evi)