14 Juli 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Tuntaskan Jalan Poros Muara Sugihan, Bupati Banyuasin Usulkan Anggaran ke Presiden

Banyuasin, beritakitanews.com – Pemkab Banyuasin untuk mewujudkan Infrastruktur Bagus, terus diupayakan. Salah satunya dengan menganggarkan sejumlah anggaran untuk perbaikan ruas jalan yang ada di Banyuasin.

Misalnya saja, sejak 3 tahun terakhir yakni mulai tahun 2019-2022 telah merealisasikan perbaikan jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Muara Padang dan Muara Sugihan. Sepanjang 30 Km ruas jalan itu sudah dicor beton dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Namun, jalan poros ini belum tuntas, mengingat masih ada 24 Km lagi yang butuh perbaikan. Untuk itulah, Bupati Banyuasin H Askolani SH MH mengusulkan anggaran Rp 60 Miliar ke pemerintah pusat unthk menuntaskan sisa jalan yang masih belum dicor itu.

“Jalan poros Muara Padang-Muara Sugihan yang belum dibangun sepanjang 12 Km sampai P13 atau sampai ke ujung sepanjang 24 Km lagi dan akan kita selesaikan. Tahun 2023 ini Pemkab Banyuasin sudah mengusulkan dana pembangunan sebesar Rp 60 M ke Presiden Jokowi,” ungkapnya di hadapan perwakilan para kades Kecamatan Muara Padang dan Muara Sugihan yang bersilaturahmi di Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin di Pangkalan Balai, Jumat 5 Mei 2023.

Bukan itu saja, upaya lain juga tengah dilakukan, dengan terus berkoordinasi dengan Gubernur Sumsel untuk membantu pembiayaan Bantuan Gubernur (Bangub) termasuk Pokir DPR RI dan DPRD Sumsel untuk membangun kerusakan jalan poros MPMS tersebut.

Sambil menunggu dana dari pusat tersebut, terang Bupati Askolani, Pemkab Banyuasin akan mengatasi kerusakan jalan poros tersebut dengan memanfaatkan bank tanah yang sudah disiapkan di Kecamatan Air Kumbang.

“Untuk jangka pendek ini, jalan poros MPMS kita lakukan pengerasan dengan tanah merah yang ada di bank tanah. Polanya kerjasama antara Pemkab Banyuasin, camat, kades dan pengusaha yang ada di dua kecamatan tersebut terutama terkait armada pengangkut tanah mengingat Pemkab Banyuasin cuma punya 6 unit dum truk,” bebernya.

Untuk tanah timbunan yang ada bank tanah, jelas Bupati Askolani perizinan UKL dan UPL-nya masih dalam proses pengurusan di Pemprov Sumsel.

“Kalau izinnya keluar, akan segera kita eksekusi untuk mengatasi kerusakan jalan poros MPMS tersebut. Hari ini Dinas PUTR Banyuasin sudah menerjunkan alat berat jenis vibro ke lokasi jalan poros. Pokoknya masyarakat bedoa semoga usaha Pemkab Banyuasin untuk menyelesaikan pembangunan jalan poros ini bisa terlaksana sesuai rencana,”kata Askolani.

Kades Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Rohimin didampingi 15 Kades dari Kecamatan Muara Padang dan Muara Sugihan berharap Pemkab Banyuasin bisa menyelesaikan pembangunan jalan poros MPMS tersebut.

“Harapan kami jalan yang belum dibangun sekitar 24 Km bisa dilanjutkan pembangunannya. Karena jalan cor yang sudah dibangun tersebut sangat membantu perekonomian masyarakat,” harapnya.

Sedangkan, Kades Jalur Mulya Aris Satifa mengusulkan agar di Muara Sugihan ada Bank yang bisa melayani simpan pinjam bagi masyarakat. “Saya ada dua usulan pak, ada Bank dan Tower biar sinyal kuat. Ini sudah kami buatkan usulannya,” katanya.(Evi)