14 Juli 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Baznas Ogan Ilir Tetapkan Zakat Fitrah Per-orang Untuk Beras 2,5kg dan Uang Rp 30 ribu

Ogan Ilir, beritakitanews.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Ilir telah menetapkan besaran zakat fitrah untuk Ramadan 2023 atau 1444 Hijriyah.

Berdasarkan surat edaran no 130/baznas-OI/IV/B/2023 tentang ketetapan standar minimal zakat fitrah per-orang dalam wilayah Kabupaten Ogan Ilir untuk uang Rp30ribu, sementara beras sebanyak 2,5kg.Ketetapan tersebut berdasarkan rapat pleno bersama MUI, kesra, kemenag dan lainnya, untuk zakat fitrah tahun 2023 ditetapkan satu harga.
Ketua Baznas Ogan Ilir Drs H Sidharta Msi didampingi Drs Ki. Amir Hamzah Waka I Bidang Pengumpulan didampingi Waka II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan H Maulidin menghimbau untuk membayar zakat fitrah dan zakat mal di Baznas Ogan Ilir, karena keutamaan membayar zakat itu melalui amil zakat yakni Baznas, sebagaimana zaman Rosulullah dahulu membayar zakat melalui amil yang ditunjuk oleh Rosululloh.
“Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Islam di Bulan Ramadhan. Untuk besarannya, Pemerintah Ogan Ilir beserta Baznas & MUI Ogan Ilir  sudah menetapkan zakat fitrah Ramadhan tahun 1444 H/ 2023 melalui kesepakatan dalam Rapat Penentuan Zakat Fitrah tahun ini. Kami berharap masyarakat dapat menyalurkan zakat mal dan zakat fitrahnya ke Baznas Ogan Ilir,”katanya.
Salah satu warga Inderalaya Ria mengaku biasa membayar zakat fitrah di masjid dekat rumahnya, “nantilah saya coba akan membayar zakat di Baznas Ogan Ilir, Insya Allah,”ujarnya. (evi)