14 Juli 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

67 KK Warga Desa Tampui Penerima BLT-DD

PALI. Beritakitanews.com  – Pemerintah Desa Lubuk Tampui, salah satu desa yang ada di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) masuk dalam kecamatan Penukal Utara menetapkan keluarga penerima manfaat BLT dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023.

Penetapan penerima BLT-DD Desa Lubuk Tampui dituangkan dalam Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang digelar pada Jum’at 24 Februari 2023.

Musdesus desa Lubuk Tampui diselenggarakan di ruang rapat rumah kepala desa dan dibuka langsung Camat Penukal Utara, Makagiansar.

Adapun hasil Musdesus verifikasi sekaligus penetapan penerima BLT-DD di desa Lubuk Tampui berjumlah 67 kepala keluarga (KK) kategori miskin ekstrem.

“Kami sangat mengapresiasi telah terlaksananya verifikasi dan penetapan penerima BLT-DD di desa ini,” puji Camat.

Suksesnya Musdesus yang menetapkan penerima BLT-DD ditambahkan Camat bahwa tak lepas dari peran Kepala dusun dan BPD yang turun langsung ke lapangan.

“Atas kinerja Kadus dan BPD, data BLT warga miskin ekstrem ini ditetapkan sesuai kondisi yang ada di Desa Lubuk Tampui,” imbuhnya.

Sementara Budiman Kades Lubuk Tampui didampingi Ketua BPD Paredi menjelaskan secara rinci dari jumlah penerima BLT-DD sudah sesuai juknis Kemendes maksimal 25 persen dari Dana Desa yang diterima tahun 2023.

“Ada 67 KK penerima manfaat BLT-DD tahun 2023 ini, dengan rincian, pada Dusun I sebanyak 16 KK., Dusun II, 22 KK, Dusun III, 17 KK dan Dusun IV, 12 KK,” jelas Kades.

Ditambahkan juga oleh TPP Kabupaten PALI diwakili pendamping desa Roni Saputra bahwa kriteria penerima BLT-DD adalah warga sangat miskin.

“Penerima BLT-DD tahun 2023 adalah untuk warga yang sangat miskin, diantaranya sakit menahun, dan Lansia yang tidak dapat bekerja lagi dan lainya,” jelasnya.

Laporan : Lendri