4 Maret 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Pastikan Sapi Layak Untuk Dikurbankan, Disbunnak Banyuasin Lakukan Pemeriksaan

BANYUASIN, beritakitanews.com – Guna memastikan Sapi Layak untuk diqurbankan pada saat Hari Raya Idul Adha 1442 H, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin Idil Fitri SP Msi, bersama dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan Ir. Ruzuan Effendi, MM melakukan monitoring langsung ke Peternakan Sapi yang berlokasi di PD Katwi Jaya Desa Duren Ijo Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin Rabu (14/7/2021).

Monitoring langsung ke Peternakan Sapi Milik Muji Rianto ini, didampingi langsung oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyuasin, Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) Sumatera Selatan, Satgas Qurban, Kepala Dinas Kominfo, Kabag Kesra Banyuasin, Camat Banyuasin I, Kepala Desa Duren Ijo.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan Ir. Ruzuan Effendi, MM mengatakan, dari data yang sudah masuk sudah ada sebanyak 12.000 Sapi yang sudah siap dikurbankan.

“Alhamdulillah untuk Sumsel tidak ada masalah dan sampai saat ini stok kita masih cukup, jikalau ada Kabupaten / kota yang masih kurang bisa ambil dari Kabupaten / Kota yang lain. Untuk memastikan kelayakan hewan kurban, kita sudah terjunkan tim dari Bulan Juni untuk memastikan hewan ini memang layak untuk dikurbankan sesuai dengan himbauan MUI,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin Idil Fitri SP Msi mengatakan, untuk ketersediaan hewan kurban untuk di Banyuasin mencukupi yang mana pada tahun 2021 direncanakan sebanyak 996 ekor sapi.

“Disini kita mengecek langsung kelayakan Sapi-sapi yang memenuhi kriteria untuk dijadikan kurban maupun yang tidak layak untuk dijadikan hewan kurban. Mengingat pada hari ini ada Tim dari Kesehatan Hewan, Tim dari Provinsi maupun dari MUI,” jelasnya.

Laporan : evi farlina