24 Juni 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Antisipasi Karhutbunlah, Pemcam Lais Bentuk Tim Gugus Tugas dan Masyarakat Peduli Api

Muba, beritakitanews.com – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan, kebun dan Lahan (Karhutbunlah) di wilayah Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuaain (Muba). Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Lais menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bertempat diaula kantor Kecamatan Lais, Kamis (20/05/2021).

Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengatakan mengenai penanggulangan dan pencegahan dan pengendalaian Karhutbunlah merupakan tanggung jawab kita bersama.

Dikatakannya, dalam mengantisipasi dan penangan Karhutbunlah di desa-desa akan di bentuk tim gugus tugas dan masyarakat peduli api.

Dirinya menghimbau kepada intansi terkait agar dapat memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada masyarakat dan petani yang ada di desa desa, tidak membuka lahan dengan cara membakar, Harapnya.

Senada Kapolsek Lais Akp Herman Junaidi SH mengatakan sesuai maklumat Kapolda Sumsel dan Kapolres Muba tentang kebakaran Hutan, kebun dan lahan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Itu ada ancaman pidana Pasal 78 ayat 3 Undang-Undang RI Nomor 41 tahun 1999, Pasal 187 KUHP, Pasal 188 KUHP dan Pasal 108 Undang-Undang RI nomor 32 tahun 2009 dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun.

“dan terus kami Sosialisasikan keToko Masyarakat,toko agama dan Seluruh elemen masyarakat Serta Pemerintah Desa dikecamatan Lais.
STOP..! Jangan Membakar Hutan, kebun dan Lahan karena Generasi Penerus Kita Membutuhkan udara yang segar,” tegasnya perwira Polisi balok tiga tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Teluk kijing II Margareta berharap kepada pemerintah dapat memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin membuka lahannya agar tidak melakukan pembakaran dalam membuka lahan.

“Saya selaku Kades Teluk Kijing II berharap Pemerintah ada solusi terbaik agar masyarakat dapat tidak membuka lahan dengan membakar,”harapnya.

Selain Camat dan Kapolsek Lais, hadir juga,Danramil Sekayu diwakili Babinsa Pelda Maman, Kepala BPBD Muba yang diwakili Padli, Kepala Puskesmas Lais Leli Hefni SKM.Mkes, Kepala Puskesmas Gardu Harapan Alexander SKM, Plt Puskesmas Teluk Kijing Hapizin SKM, Assisten SDM dan Umum PTPN VII Unit Betung Susongko, PT Medco diwakili Sunardi, Kepala Desa dan BPD serta Perwakilan PT MEP Ahmad Fauzi Ssi.