18 Juni 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Kepala OPD Banyak Tak Hadir Saat Paripurna, Wabup dan Ketua DPRD OI Kecewa!

Ogan Ilir, beritakitanews.com – Wakil Bupati Ogan Ilir (OI) H Ardani kecewa saat melihat nyaris seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak hadir dalam sidang paripurna DPRD Ogan Ilir, Senin (19/4/2021). Tak hanya itu Ketua DPRD Ogan Ilir H Suharto Hasyim yang mrmimpin rapat paripurna juga mengaku kecewa.

Bahkan menurut H Ardani, karena sidang paripurna hari ini membahas evaluasi kinerja perangkat daerah, kepala OPD seakan acuh tak acuh.

“Tadi saya melihat diawal yang hadir hanya dua OPD, agak kaget juga, kenapa? Karena ini pembahasan kinerja kita di tahun 2020 dan dewan butuh kehadiran mereka, di setiap tahapan seharusnya mereka hadir,”kata Wabup OI Ardani

Dikatakan Ardani, melihat kondisi tersebut ia akan segera melapor ke Bupati Panca agar membuat surat langsung kepada seluruh OPD agar wajib hukumnya untuk menghadiri rapat paripurna seperti ini, dan tidak boleh berwakil.

“Dan kalaupun berhalangan harus seijin tertulis dari Pak Sekda H Muhsin,” tegas Ardani

Ketika ditanya apakah akan ada sanksi terkait ketidakhadiran kepala OPD tersebut, Ardani mengatakan bahwa itu akan jadi bahan evaluasi kepala daerah.

” Tentu itu akan jadi bahan evaluasi kepada daerah dalam hal ini Pak Bupati Panca,” jelas Ardani

Sementara Ketua DPRD Soeharto Hasyim yang memimpin sidang paripurna itu juga tidak bisa menutupi rasa kecewanya. Soeharto mengatakan, sebenarnya anggota DPRD Ogan Ilir sudah akan menginterupsi soal ketidak hadiran kepala-kepala OPD dalam sidang paripurna itu tapi didahului oleh Wakil Bupati. Oleh sebab itu DPRD Ogan Ilir mengapresiasi Wakil Bupati Ardani tersebut.

“DPRD Ogan Ilir mengapresiasi wakil bupati tadi, mestinya kita  yang menginterupsi sebab memang tadi kita lihat OPD tadi boleh dikatakan tidak ada yang hadir, (padahal) ini adalah sidang paripurna membahas kinerja bupati dan OPD, seharusnyo OPD itu semuanya hadir hari ini, karena kita sudah bersurat menginstruksikan agar  OPD itu hadir dengan pakaian lengkap, kalaupun tidak memakai jas minimal memakai pakaian lengkap dengan tanda pangkat, jadi kita mengapresiasi statmen keras dari wakil bupati tadi,” tegas Soeharto.

Soeharto sendiri mengaku kecewa, namun menurutnya tidak perlu disampaikan, hanya saja Soeharto berharap agar saat rapat pansus yang akan digelar tak lama lagi  seluruh kepada OPD hadir.

“Kecewa sih kecewa, tapi tak perlu disampaikan, namun saya berharap saat rapat pansus nanti, ada empat pansus seluruh kepala OPD hadir,” kata Soeharto.

Sebelumnya dalam sidang paripurna DPRD Ogan Ilir hari ini yang dihadiri oleh Wakil Bupati Ardani dan PJ Sekda Ogan Ilir Muhsin Abdullah hanya terlihat tiga orang perwakilan OPD yang hadir, padahal rapat tersebut membahas ke kinerja Bupati dan Kepala OPD.

Laporan : asra