22 Februari 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Baznas Palembang Resmikan Rehab dan Bedah Rumah

Palembang, beritakitanews.com – Guna konsisten mewujudkan program peduli ke masyarakat yang kurang mampu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Palembang bersama Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda resmikan bedah rumah dan rehab.didampingi wakil ketua Baznas Drs.Maruzi Tarmizi,Camat IB.I dan Lurah Lorok Pakjo serta RT /RW setempat, Berlokasi di Jalan Puncak Sekuning Lr. Swadaya Rt/Rw. 019/005 Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan Ilir Barat I. Senin (29/3).

Ketua BAZNAS kota Palembang, Drs HM Saim Marhadan mengatakan bedah rumah dan rehab rumah ini merupakan yang pertama di Tahun 2021. “Bedah rumah atas nama bapak Muhammad Syarif yang kita resmikan hari ini, merupakan bedah rumah yang ke-14, terhitung dari tahun 2016 sampai tahun 2021,” ujar Saim. Kemudian, untuk rehab rumah atas nama bapak Syamsuri yang beralamat di Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning. Merupakan rehab rumah yang ke-16, terhitung dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021.

Lanjutnya, ada (satu) Bedah rumah 1 (satu) rehab rumah yang sedang di kerjakan. “Insya’Allah 1 (satu) Bedah Rumah dan 2 (dua) Rehab Rumah sedang diupayakan untuk di eksekusi,” jelasnya.

Ia menyampaikan, dana yang terkumpul pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Palembang dari Bulan Januari sampai Februari 2021 sebesar Rp.973.235.401,85. Serta Infaq sebesar Rp24.665.043.

Penyaluran Bantuan di Bulan Januari sampai Maret 2021 dipergunakan dalam lima program. Yakni diantaranya guna bantuan modal usaha program Palembang Makmur. Sebesar Rp45 juta untuk 45 orang Mustahik.

Kemudian, bantuan kesehatan program Palembang Sehat. Sebesar Rp. 7.237.500 untuk 67 orang Mustahik. Bantuan Pendidikan Program Palembang Cerdas
sebesar Rp. 6.135.000 untuk 2 orang Mustahik. Bantuan Bedah Rumah dan rehab rumah (Program Palembang Peduli)
Sebesar Rp. 97.536.000 untuk 2 Mustahik. Serta Bantuan Gharimin Program Palembang Peduli Sebesar Rp. 14.000.000 untuk 2 Mustahik.

Fitrianti sangat mengapresiasi program dari BAZNAS tersebut. “Tentu ini jadi suatu kabar gembira bagi masyarakat kota Palembang melalui program BAZNAS yang sangat menyentuh,” ungkapnya. Begitu juga program lain di bidang kesehatan dan pendidikan.

“Oleh karena itu kita berharap kepada seluruh umat muslim jangan ragu- ragu lagi membayar infak dan zakatnya kepada BAZNAS, karena tentu saja dana ini diberikan dari umat dan untuk umat,” ujar Fitri.

Disampaikannya, melalui kegiatan serupa, Pemkot Palembang melalui dinas PERA KP juga telah melakukan bedah rumah. “Jika tidak salah ada sekitar 500an rumah yang dibantu bedah rumah dari kementrian dan 40an dari APBD Palembang,” kata Fitri.

Diakuinya masih banyak warga yang layak menerima bedah rumah. Namun diingatkannya perlu satu persyaratannya bahwa lahan yang ditempati tidak bermasalah. Dibuktikan dari surat kepemilikan.

Sementara itu, Muhammad syarif (50 tahun) warga Kel.lorok pakjo yang beruntung rumahnya dibedah sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada pemerintah kota palembang dan baznas yang telah membangun rumahnya, yang memang tidak layak huni, jangankan untuk biaya membangun rumah, bisa mencukupi makan saja saya sulit, karena pengahsilan tidak tetap saya kerja serabutan, semoga bisa menjadi motivasi saya untuk lebih semangat lagi bekerja,” katanya. (vie)