14 Juli 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Di Banyuasin, Harga Cabe dan Sembako Belum Ada Kenaikan Masih Stabil

Banyuasin, beritakitanews.com – Meski tak lama lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan, namun sejumlah harga sembako dan bahan-bahan bumbu dapur belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Namun meskipun begitu harga cabai masih tinggi. Seperi terpantau, di Pasar Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin pada Senin (22/02/2021). Hal ini diungkapkan Mega salah satu pedagang.

“Cabai merah keriting biasa harganya Rp 60 ribu, kini sedikit turun menjadi menjadi 50 ribu, begitu juga cabai rawit hijau sedikit turun harganya menjadi harga 80 Ribu. Kecuali, cabai Talang masih tinggi Rp 100 ribu per kilogram sejak 3 bulan terakhir,”jelasnya.

Menurut Mega, kalau harga murah, para pembeli memang membeli dalam jumlah cukup banyak, kalau harga tinggi, biasanya pembeli membeli eceran atai sedikit menyesuaikan kantong.

“Harga Bawang juga belum ada kenaikan, sekarang harga bawang merah Rp 30 Ribu dan bawang putih Rp 25 Ribu per kilogram,”katanya.

Begitu juga dengan harga semabko, harga sembako di Pasar Pangkalan Balai terpantau belum ada kenaikan yang signifikan. Rendi, salah satu pedagang mengatakan beberapa minggu terkahir masih normal.

“Biasanya kalau bulan Ruah, dan mendekati bulan puasa naik. Saat ini harga Gandum Rp 7 ribu, Gula Rp 12.500 dan Minyak Rp 13.500, belum ada kenaikan yang tinggi,”katanya.

Sementara Kepala Pasar Pangkalan Balai Nazirwan mengatakan memang harga cabai masih cukup tinggi di pasar Pangkalan Balai. Walaupun mengalami penurunan, hal tersebut berkisar seluar Rp 5 ribu – Rp 10 ribu.

“Harga Cabai memang masih tinggi, Kalaupun turun paling hanya Rp 5 ribuan, sementara harga bawang dan sembako masih normal. Kita akan terus melakukan pemantau dan melaporkan hal tersebut ke Dinas Perdagangan Kabupaten Banyuasin,”tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM Banyuasin Erwin Ibrahim mengatakan saat ini sejumlah harga di Kabupaten Banyuasin sejumlah harga masih terpantau stabil.

Harga cabai Merah keriting dan harga cabai merah besar Rp 40 Ribu per kilogram, harga cabai rawit hijau Rp 60 ribu dan harga cabai rawit setan Rp 70 rib. Begitu juga dengan harga sembako lainnya semua masih terpantau stabil.

Harga bawang merah Rp 35 ribu bawang putih Rp 25 ribu per kilogram. Harga sembako seperti gula dan minyak goreng berkisar Rp 13 ribu per kilogram, kemudian harga beras tanpa merek berkisar Rp 9 ribu – Rp 12 ribu perkilogram dan harga beras bermerek Rp 194.000 – Rp 204.000 per 20 Kilogram.

” Kalau dari laporan harga minggu kemarin emua harga saat ini masih terpantau stabil. Jika nanti kedepan kami temukan adanya kenaikan harga atau tidak stabil, maka kami akan berkoordinasi melakukan penindakan,”pungkasnya.

Laporan : yansah