13 Juni 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Gempa 7,1 M Guncang Fukushima Jepang

Jakarta,  beritakitanews.com – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,1 mengguncang pesisir timur Jepang pada Sabtu (13/2/2021) pukul 23.08 waktu setempat.

Dilansir dari Reuters, pusat gempa berada di lepas pantai Sendai, Perfektur Fukushima. Japan Meteorological Agency mencatat pusat gempa berada di 37.7 lintang utara dan 141.8 bujur timur. Pusat gempa berada di lautan dengan kedalaman 60 km.

Setelah gempa tersebut tercatat ada gempa bumi susulan dengan skala Magnitudo melebihi empat. Yaitu M4.3 pukul 23.23 waktu setempat dan M4,7 pukul 23.36 waktu setempat. Kemudian M5,1 pukul 23.51 waktu setempat.

Getaran dirasakan sangat kuat di sejumlah wilayah. Yaitu Kota Zao, Iwanuma, Kawasaki, Miyagi, Watari, Yamamoto, Tome, dan Ishinomaki.

Hingga berita ini ditulis tidak ada peringatan tsunami dari badan meteorologi Jepang sebagai dampak dari tsunami tersebut.

Otoritas di Jepang juga belum menjelaskan kerusakan akibat dampak gempa bumi ini. Meski begitu, Gempa tersebut telah melukai puluhan orang, memicu pemadaman listrik dan mengguncang gedung-gedung di Ibu Kota Jepang.

Tidak ada laporan gangguan di fasilitas nuklir Tokaimura. Badan Meteorologi Jepang mengatakan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.