14 Juli 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Richard : Melalui DD, Prioritaskan Pemulihan Ekonomi Nasional

Muba,  beritakitanews.com – Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus mensosialisasikan tentang pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2021 ini. Kali ini H Richard Chayadi AP MSi selaku Kadis PMD Muba berlabuh di Aula Kecamatan Lais, Senin (08/02).

Sambutan Richard menyampaikan dihadapan Kepala Desa (Kades) dan Operator Siskeudes se Kecamatan Lais dan Kecamatan Babat Supat. Begini kata Mantan Pj Walikota Prabumulih tersebut, berdasarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 13/2020 tentang prioritas pemulihan ekonomi nasional dalam penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2021 ini.

Diharapkan lanjut Richard dapat membantu pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGS).

Richard memberikan pencerahan kepada seluruh Kepala Desa dan perangkatnya dalam pengelolaan keuangan di Desa Guna Mewujudkan transparansi, akuntabel dan juga melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat menuju Muba Maju Berjaya 2022 nanti.

Oleh sebab itu lanjut Richard, dirinya sangat berharap dalam mengelola Dana Desa harus mengikuti skala prioritas. Disetiap masing-masing desa harus dapat mengalokasikan Dana Desa tersebut sesuai dengan ketentuan, yang ada.

“Tahun 2021 besaran Dana Desa untuk Kabupaten Muba berkisar 233 Milyar sebanyak 227 desa dan pencairan Dana Desa ini masih menggunakan dua sistem yaitu bagi desa yang belum mandiri dalam pencairan dana yakni ada tiga tahap yakni 40 persen tahap pertama, 40 persen tahap kedua dan tahap yang ketiga 20 persen, di Muba ini ada dua desa mandiri yakni Desa Srigunung dan Desa Jirak,”terangnya.

Sementara Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi secara singkat dan jelas mengatakan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan acara sosialisasi ini dan diharapkan kepada Kepala Desa dan operator Siskeudes kedepannya tidak ada lagi kesalahan dalam menjalankan pengelolahan Dana Desa (DD) ini.

Apalagi sampai berbenturan dengan aturan yang ada, “Kalau kita menjalankan sesuai aturan Insya Allah kita aman dan tidak ada permasalahan yang muncul,”ujar Demoon.

Laporan : putra