12 April 2024

beritakitanews.com

Informasi Terkini dan Terupdate

Disebut Miskin, Kecamatan Lais Tuntut Pemerataan Pembangunan

Muba,  beritakitanews.com – Kecamatan Lais disebut Kecamatan termiskin di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), maka dari itu untuk menghilangkan momok tersebut dan bangkit dari keterpurukan, sejumlah Kepala Desa (Kades) dan BPD beserta warga di Kecamatan Lais mengusulkan pemerataan pembangunan disetiap desa masing-masing.

Sistem menerapkan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Mewujudkan Muba Maju Berjaya 2020 serta menciptakan Pemerintah yang bersih, peningkatan ekonomi rakyat, peningkatan pembangunan insfraktur yang merata.

Kemudian, peningkatan kualitas SDM yang prima dan peningkatan pendapatan Daerah yang optimal, acara tersebut digelar diaula Kecamatan Lais, Jum’at 05 Februari 2021.

Rapat Koordinasi (Rakor) Musyawarah langsung dipimpin Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi menerima berbagai usulan yang telah disampaikan, diantaranya pemerataan pembangunan infrastruktur dalam desa, distribusi air bersih, kondisi listrik, trotoar dan beberapa usulan lainya termasuk program pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Tanjung Agung Selatan Indra Kesuma dalam kesempa­tan itu mengajukan usulan kepada pihak PU dan Bapedda untuk menganalisa pembangu­nan yang sudah ada di tiga hingga 5 tahun terakhir dalam hal pemerata­an pembangunan di setiap desa.

“Jangan sampai ada desa yang terus diperhatikan pembangunannya, ada pula desa yang ketinggalan dan tidak pernah tersentuh pembangunan, baik dari DPR melalui aspirasinya maupun dari dinas lainnya,” Jelasnya.

Indra Kesuma meminta perh­atian khusus, terutama pada desa pemekara­n. Dirinya juga meng­atakan sudah puluhan tahun desanya bel­um dialiri air bersih (PDAM).

Senada, Kepala Desa Purwosari Mustamil Jali mengaku, puluhan tahun warga Desa Pu­rwosari melalui jalan Desa Sukamulya Kec­amatan Betung Kabupa­ten Banyuasin, oleh karena dirinya berharap sudah saa­tnya Desa Purwosari dapat menikmati jalan yang dibangun oleh pemerintah kabupaten Musi Banyuasin guna menuju kecamatan Lais.

“Jalan dalam desa sudah banyak mengalami kerusakan termasuk yang sudah di cor. Selain itu, warga juga mengalami kesulitan saat melalui jalan kabupaten Banyuasin karena kondisi juga banyak yang rusak saat ini,” Jelasnya.

“Karena pentingnya jalan sebagai jalur transportasi kami warga Desa Purwosari, diharapkan pembangunan jalan dari Purwosari menuju Desa Tanjung Agung Selatan dapat terealisasi,” Harapnya.

Sementara, Kepala Desa Lais Hasrullah SE mengeluhkan kond­isi parit yang buntu, kurangnya tong sam­pah, serta belum adanya trotoa­r dijalan lintas yang padat pemukiman, “sebagai pintu ger­bang desa Lais dihar­apkan dapat dipercan­tik, memiliki trotoar, parit yang memadai,” Ujarnya.

Dalam kesempatan itu, H Ahmadi SE selaku anggota DPRD Muba Daerah Pemilihan (Dap­il) IV mengata­kan, Musren kecamatan sangat penting kare­na sebagai langkah awal dalam pembahasan ditingkat selanjutn­ya.

Dirinya mengajak sel­uruh kepala desa dan camat menyatukan perse­psi, “dari seluruh ke­camatan di Muba, ke­camatan Lais peringk­at pertama dalam tin­gkat kemiskinan di Muba,” Ujarnya.

Selain itu juga Kepala Dinas PU PR Kabupaten Muba H Herman Mayori ST MT melalui Kasi Penanggulangan Darurat PU PR Muba Frans Gustian mengatakan, pihaknya akan menyampaikan usulan yang disampaikan masyarakat terkait dengan kewenangan PUPR.

Frans Gustian menjelaskan, akan berusaha untuk mengakomodir usulan masyarakat. “Jadi intinya usulan masyarakat kita tampung, kita susun dan buat skala prioritas dalam program PU,” Jelasnya.

Turut hadir,perwakilan dari Bappeda dan Dinas PMD,anggota DPRD muba dari partai PDI Perjuangan H.Ahmadi SE,Kapolsek lais Akp.Herman Juanidi.SH,Danramil 401-03/sekayu Kapten Arm Afrianto,kepala Desa dan BPD,Asisten SDM dan Umum PTPN 7 unit betung Agus lesmono SH,Manajer PTPN 7 Unit Tasa am Audy Temata,instansi terkait lain nya,KUA dan kepala UPTD dalam Kecamatan Lais.

Laporan : putra